Sholat Tahajud, Sholat Sunnah yang Disyari’atkan

Sebagai seorang muslim, pastilah kita ingin selalu dekat dengan-Nya. Untuk itu, sudah seharusnya kita berlomba – lomba dalam kebaikan demi meraih ridho-Nya. Banyak kebaikan yang bisa kita lakukan, banyak pula ibadah wajib dan sunnah yang menanti untuk dikerjakan dan diistiqomahkan. Untuk ibadah sunnah sendiri banyak sekali macamnya, misalnya saja sholat tahajud.

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat yang dihukumi sunnah dimana sholat ini dikerjakan pada malam hari atau lebih tepatnya pada sepertiga malam usai terjaga dari tidur. Sholat tahajud ini tergolong sholat sunnah mu’akad atau sholat sunnah yang dikuatkan oleh syara’. Mengenai jumlah rakaatnya, minimal adalah 2 rakaat dan maksimalnya tidak terbatas.

islamidia.com

Sholat tahajud ini sunnah, jadi ketika dikerjakan akan mendapat pahala dan bila tidak dikerjakan maka tidak apa – apa. Namun alangkah baiknya jika kita belajar untuk merutinkan sholat sunnah tahajud. Hal ini mengingat betapa besar pahala serta keutamaan – keutamaan yang mengiringi sholat tahajud.

Niat Sholat Tahajud

Inilah bacaan niat sholat tahajud.

“Aku niat Sholat Sunah Tahajud dua Raka’at karena Alloh Ta’ala”

Waktu Sholat Tahajud

Cara mengerjakan sholat tahajud pada umumnya sama dengan sholat – sholat lainnya. Perbedaannya terletak pada waktu dan niatnya. Seperti yang sudah disinggung di atas, sholat tahajud ini dikerjakan pada sepertiga malam. Lengkapnya, sholat tahajud dianjurkan dikerjakan setelah bangun tidur di malam hari, sedangkan waktunya sendiri dimulai dari ba’da Isya’ hingga munculnya fajar shodiq.

Waktu sholat tahajud memang menjadi ujian tersendiri bagi kita, begitu berat mata terbuka di malam hari, ditambah dinginnya udara malam yang cukup membuat tulang terasa nyeri, tapi di situlah letak keistimewaannya. Ya, apabila kita mampu mengerjakan sholat tahajud dan melawan semua rasa malas untuk bangun malam maka Allah akan mengangkat derajat kita ke tempat yang terpuji.

Tidak hanya itu saja, waktu sholat tahajud adalah waktu mustajab, sehingga apabila ketika berdoa, maka Allah akan mengabulkan doa – doa tersebut. Namun tetap harus disertai dengan kesungguhan dalam bermunajat ya.

Masih banyak lagi keutamaan dan keistimewaan yang mengiringi sholat tahajud ini. Oleh karena itu marilah kita berusaha untuk meningkatkan keimanan dan ghirah dalam beribadah sehingga kita bisa menjadi hamba yang bertaqwa.